Selasa, 20 November 2012

Mengatasi Perut Kembung


detail berita
Perut kembung (Foto: Corbis)
APAKAH Anda sering merasa kembung, sebah, sakit perut, kram perut, dan rasa tidak nyaman setelah makan? Cari tahu jawabannya sekarang.

Ketika Anda makan, tubuh akan melepaskan sekira 22 jenis enzim pencernaan dari kelenjar saliva, lambung, dan usus kecil. Setiap salah satu dari enzim bekerja pada jenis makanan tertentu, misalnya, protease memecah protein, amilase membantu mencerna karbohidrat dan lipase memecah lemak dan lipid. Enzim-enzim pencernaan membantu tubuh mencerna dan menyerap nutrisi yang dibutuhkan.

Lalu, bagaimana jika Anda sering mengalami gangguan pencernaan? Berikut Foxnews melansir tip untuk Anda.


Makan banyak serat setiap hari


Serat tidak hanya kunci untuk menjaga pencernaan, tetapi penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Sayangnya, banyak diet, khususnya untuk pria, terdiri dari junk food, daging merah, dan makanan yang tinggi lemak tentu dapat menganggu pencernaan. 

Diet tinggi serat merupakan bagian penting dari makanan sehat. Selain membantu pencernaan, juga dapat membantu mencegah diabetes, penyakit jantung koroner, wasir, kanker kolorektal, dan penyakit lainnya

Meningkatkan asupan serat harian Anda biasanya identik dengan makan sehat, mengingat sayur, buah, sereal gandum, dan kacang-kacangan mengandung banyak serat. Hindari makanan yang dapat memberikan gas, ini termasuk brokoli, kacang panggang, kubis, kembang kol, dan minuman berkarbonasi. Bagi sebagian pria, pati seperti gandum, gandum dan kentang, juga dapat menyebabkan kelebihan gas.


Mengunyah makanan dengan benar 

Mengunyah merupakan salah satu bagian yang paling penting dari pencernaan, namun mungkin yang paling terlupakan. Mengunyah tidak hanya membantu memecah makanan, itu juga merupakan tanda kelenjar ludah, lambung dan usus kecil untuk mulai melepaskan enzim pencernaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar