Senin, 12 November 2012

Meningkatkan Stamina


Cara Meningkatkan Stamina

Hal yang terbukti ampuh untuk meningkatkan stamina adalah dengan berolahraga secara teratur. Ya berolahraga terbukti dapat memperkuat jantung sehingga menyebabkan lebih banyak pasokan oksigen yang sampai ke seluruh tubuh.
Cara meningkatkan stamina yang biasa saya lakukan adalah dengan olahraga kardio, yaitu berlari. Cara ini cukup simpel.cardio 300x200 Cara Super Untuk Mendapatkan Stamina Super
Pertama, kamu cukup berlari saja. Mau berlari kecil alias joggingatau berlari cepat itu terserah kamu.
Kedua, targetkan untuk setiap kali kamu melakukan latihan ini. Misalnya pada latihan pertama kamu berlari selama 30 menit dan nonstop, kemudian pada latihan kedua tingkatkan menjadi 45 menit, latihan ketiga 1 jam, dst.
Jika kamu rasa berlari saja sudah terasa tidak berat, masukkan menu sprint dalam menu latihan ini. Misalnya setiap 15 menit kamu sprint selama 5 menit atau beberapa menit itu terserah kamu. Dan nantinya level dari sprint dinaikkan menjadi lebih berat.
Latihan ini cukup sederhana namun sangat efektif untuk meningkatkan stamina seorang kiper futsal, terlebih jika sudah menjadi rutinitas, misal seminggu 4 kali. Selain meningkatkan stamina metode latihan ini juga berguna untuk menurunkan berat badan loh 
Uia hampir lupa, usahakan ketika melakukan latihan ini pola bernafasnya dari hidung ya. Kenapa? Karena pola nafas yang salah kan mengakibatkan terbentuknya Lactic acid di kaki.
Berikut cara nafas yang di anjurkan:
  • Sewaktu mulai latihan ini sampai sebisanya, nafas panjang masuk dari hidung keluar dari hidung.
  • Setelah itu sebisanya, nafas normal masuk dari hidung keluar dari hidung
  • Setelah itu sebisanya, nafas pendek masuk dari hidung keluar dari hidung
  • Dan ketika sudah terasa sangat berat masuk hidung, keluar mulut
JANGAN PERNAH bernafas masuk dari mulut keluar juga dari mulut [hyperventilation] karena bisa menyebabkan pusing bahkan pingsan.
Jika ketika berlari perut terasa sakit, lanjutkan saja karena nanti akan hilang dengan sendirinya.
Jika terasa sudah tak sanggup bernafas, berhenti jangan sampai kehabisan nafas.
Jika kaki terasa sakit kurangi tempo.
Dan jangan melupakan istirahat serta asupan nustrisi untuk tubuh.
Bagaimanai cara meningkatkan stamina versi kawan-kawan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar