Selasa, 20 November 2012

Merawat Mta

CARA MENJAGA KESEHATAN MATA

Mata adalah salah satu indra yang begitu penting dan kita untuk menjaga dan merawatnya, Selain ke dokter kita juga dapat merawat mata sendiri dengan mengatur pola makan kita dan yang pasti di baca dan di simak ya informasi dari saya,

- Semangka
  Mengonsumsi semangka secara teratur dapat menjauhkan Anda dari rabun ayam. Hal ini dikarenakan semangka kaya akan vitamin A dan beta karoten yang memaksimalkan kesehatan mata.
Tak hanya itu, semangka juga bisa menjauhkan Anda dari degenarasi makula terkait usia (Age Related Macular degeneration atau ARMD), penyebab utama hilangnya penglihatan pada orang yang berusia lanjut.


-Alpukat
Alpukat seringkali diremehkan dan dijauhi karena dianggap membuat gemuk. Padahal mengkonsumsi alpukat dapat menekan kolesterol dan membantu memerangi penyakit lainnya. Alpukat mengandung banyak lutein dan kaya akan vitamin E. Alpukat juga bisa meningkatkan kadar karotenoid pada makanan lain. Mengkonsumsi alpukat dengan bayam dan wortel tentu bisa meningkatkan kadar nutrisi yang bisa menyehatkan mata Anda.


-Telur
Telur, terutama kuning telur memberikan beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan penglihatan. Makan satu telur setiap hari dapat meningkatkan tingkat lutein dan zeaxanthin dalam darah hingga 25 - 30%. Telur juga sumber vitamin A, B, dan seng.


- Ikan salmon
Salmon seringkali disebut sebagai makanan otak. Padahal vitamin A, D, dan omega-3 yang dikandung oleh salmon tidak hanya bagus untuk otak, melainkan juga mata dan seluruh tubuh. Banyak ikan yang sejenis dengan salmon juga mengandung nutrisi yang baik untuk otak dan mata.


- Bawang putih dan bawang merah
Bawang putih dapat meningkatkan sistem imun, menyembuhkan demam, menurunkan kadar kolesterol jahat, bahkan menghilangkan parasit dalam tubuh. Tidak mengejutkan jika bawang putih juga bagus untuk kesehatan mata. Bawang putih dan bawang merah kaya akan sulfur yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan glutathione. Glutathione adalah antioksidan yang bagus untuk lensa mata. Bawang putih dan bawang merah juga bagus untuk memelihara kesehatan mata.


- Sayuran hijau
Bayam, kale, sawi, brokoli, dan kubis adalah sayuran hijau. Sayur-sayuran itu mengandung banyak vitamin dan mineral termasuk folic acid, vitamin A, B12, vitamin C, kalsium, dan kaya akan karotenoid (terutama lutein dan zeaxathin). Ingat, sayuran hijau tidak boleh dimasak terlalu matang atau Anda akan kehilangan semua nutrisinya.


- Buah-buahan berwarna kuning dan oranye
Wortel, adalah makanan klasik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Selain wortel, buah-buahan lain yang berwarna kuning dan oranye seperti labu, jeruk peras, dan ubi jalar juga mengandung vitamin A (beta caroten) yang baik untuk retina dan dapat melindungi mata Anda dari bahaya sinar matahari.


- Coklat hitam, buah berry berwarna hitam, dan anggur merah
Coklat hitam mengandung flavonoid yang dapat melindungi pembuluh darah di mata Anda. Segelas anggur merah setiap hari juga dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan termasuk untuk kesehatan mata, jantung, dan sirkulasi darah. Sementara buah beri hitam (bilberry) mengandung anthocyanosides yang menambah aliran darah pada mata.

- Minum air putih yang cukup.
Hal ini dapat mencegah terjadinya dehidrasi, yang berarti mencegah timbulnya keriput pada mata

- Makanan yang harus dihindari
Untuk mencegah turunnya kemampuan penglihatan Anda, ada baiknya Anda menjauhi makanan dengan gula berlebih dan MSG. MSG mengandung neurotoxin yang bisa menyebabkan glaukoma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar