Minggu, 20 Januari 2013

Cara Minta Maaf Kepada Kekasih


Cara Minta Maaf Kepada Kekasih


Bagi sebagian orang mengucapkan kata maaf kepada kekasih terkadang menjadi hal yang sulit dilakukan. Apa lagi kalau bukan karena ingin mempertahankan ego atau gengsi. Tapi jika Anda benar-benar berada di posisi yang salah, haruskah membiarkan orang lain sakit hati karena gengsi ?

Setiap orang pasti pernah berbuat salah dan sudah kewajiban bagi pihak yang salah untuk meminta maaf. Untuk memudahkan Anda meminta maaf dan tulus mengatakannya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, seperti dilansir All Women Stalk.

1. Bertanggung Jawab
Hal terpenting sebelum meminta maaf adalah mau menerima tanggung jawab terhadap kesalahan yang telah Anda lakukan. Sadarilah bahwa hal itu telah menyakiti seseorang yang Anda cintai. Jika memang benar-benar bersalah, Anda harus mengakuinya dan tidak ada alasan atau pembelaan yang harus dilakukan. Itulah arti tanggung jawab yang sebenarnya.

2. Jangan Egois
Mungkin Anda tidak berpikir bahwa yang telah Anda lakukan itu salah, dan mungkin tidak mengerti mengapa kekasih sampai marah atau bahkan kecewa. Jangan mencoba untuk memperdebatkan hal tersebut dengannya dan mencari pembenaran dengan menghalalkan segala cara. Cobalah untuk memahaminya lalu meminta maaf pada kekasih, dan yang terpenting Anda sadar untuk tidak lagi menyakiti.

3. Melalui Tulisan
Terkadang ada orang yang lebih baik menulis daripada berbicara. Jika Anda merasa melalui tulisan lebih dapat membantu mengungkapkan semua hal yang ingin dikatakan --termasuk permintaan maaf-- maka itu tidak jadi masalah. Tunjukkan ketulusan hati Anda melalui surat tersebut.

4. Tunjukkan Sikap yang Baik
Sebagian orang mungkin sulit untuk berkata 'maaf', meskipun dia sudah berlatih sebelumnya. Agar lebih mudah mengucapkan maaf, mulailah dengan menunjukkan sikap yang positif. Biarkan perasaan Anda mengatakan apa yang Anda maksud dengan memberikan kue buatan sendiri, mengirim bunga, ataupun memeluk si dia yang telah Anda sakiti.

5. Kesampingkan Keangkuhan Anda
Ini adalah hal yang selalu menjadi masalah setiap orang saat meminta maaf, keangkuhan. Sikap yang angkuh menyebabkan Anda tidak bisa leluasa mengatakan apa yang ingin diucapkan. Rasa keangkuhan ini tidak sebanding jika Anda harus kehilangan orang yang Anda sayangi, Anda harus memikirkan perasaan si dia.

6. Jangan Terlalu Memohon
Ada sebagian orang yang merasa bahwa meminta maaf sama halnya dengan mengemis. Itu tidak benar sama sekali, ingat bahwa meminta maaf bukan berarti harus memohon-mohon, karena setiap orang terkadang dapat melakukan kesalahan. Minta maaf hanya untuk mengakui bahwa Anda sadar telah menyakiti seseorang yang berarti untuk Anda.

Kita tidak usah ragu dan takut dengan kesalahan yang telah kita perbuat walaupun disengaja, yang pasti setelah itu jangan mengulangi lagi perbuatan kesalahan yang membuat kekasih marah atau sewot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar