Kamis, 10 Januari 2013

Mengobati Suara Serak


Mengobati Suara Serak


Mengobati Suara Serak. Memiliki suara serak karena sakit memang menyusahkan orang yang mendengar, tapi juga membuat orang tersebut tersiksa karena sulit berbicara dengan jelas. Jikasembuhkan suara serak tak kunjung hilang, cobalah lakukan langkah-langkah ini.

Mengatasi suara serak atau mengobati suara serak memang tidak mudah, menyembuhkan suara serak perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu. Suara serak bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Yang paling umum adalah iritasi dan cedera pada pita suara atau laringitis akut (peradangan pita suara), yang disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan, penggunaan berlebihan atau penyalahgunaan suara seperti dari teriakan atau lagu nada tinggi.

Jika mengobati suara serak yang dimiliki tak kunjung hilang, cobalah lakukan hal-hal berikut ini, seperti dikutip dari Dailymail,  yaitu:

1. Ambil napas dalam-dalam

Bernapas dalam-dalam akan membuat udara mengalir ke diafragma dan menyimpannya di dada bagian atas sehingga suara yang keluar akan terdengar lebih kuat. Sedangkan jika bernapas pendek-pendek akan membuat suara terdengar lemah dan mendesah.

2. Pilih-pilih makanan

Makanan yang dikonsumsi memainkan peran penting terhadap suara yang didengar, makanan pedas atau asam dapat merusak suara. Ini karena perut mencoba untuk mencerna dan gas yang diproduksi berjalan ke trakea dan lipatan pita suara sehingga suara terdengar parau.

3. Tidak berteriak atau berbisik

Berteriak atau berbisik bisa memberikan tekanan berlebih pada lipatan pita suara serta menegangkan pita suara. Untuk itu cobalah berbicara dengan suara normal agar tidak memperburuk kondisi dan berhematlah dalam berbicara.

4. Berhenti merokok

Sebagian besar perokok rentan mengalami suara serak, ini kemungkinan karena ada zat-zat dari asap rokok yang masuk ke saluran pernapasan sehingga mengiritasi dan memicu suara serak. Untuk itu hentikan kebiasaan merokok ini agar suara serak bisa kembali normal.

5. Berdiri tegak

Jika seseorang berdiri dengan postur tubuh yang baik dan tegak maka memicu lebih banyak ruang untuk bernapas yang membuat napas jadi kuat dan suara lebih baik. Serta jika bahu rileks dan memperpanjang tubuh maka diafragma bisa bergerak dengan benar dan membiarkan lebih banyak udara masuk sehingga suara lebih jelas dan kuat.

beda dengan suara salah satu rocker kita, meskipun serak tapi serak serak basah yang menghasilkan uang dan membuatnya terkenal.
.
Semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat azberita.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar